Spesifikasi
dan Review Mobil Daihatsu Grand Maxhttp://otomotifrev.blogspot.com/
Mobil
Daihatsu Gran max ditujukkan pada mereka yang membutuhkan kendaraan yang
memiliki daya tampung penumpang atau barang ( tipe Pick Up) yang cukup banyak
namun tetap memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang irit. Mobil
Daihatsu yang satu ini memberikan ruang yang lebih lega dibandingkan mobil kelas entri level lainnya, dengan mesin yang cukup responsive, pintu sliding yang
praktis (MB) dan pilihan bak tri way ( pick up) adalah sebagian dari keunggulan mobil ini. Mobil Daihatsu Gran Max ini
juga tersedia dalam tipe pick up. Pick Up Gran max mempunyai kapasitas angkut
yang besar karena dibekali bak belakang yang luas, sasis yang dipakaipun cukup
kuat untuk kendaraan sekelasnya. Selain itu mobil in tersedia pula dalam varian
blind van yang terbukti handal dan banyak dipakai oleh perusahaan di Indonesia,
Kendaraan ini diperkenalkan sejak tahun
2007 lalu untuk menggantikan Daihatsu Zebra sebagai line up mobil keluarga dan
barang andalan dari Daihatsu Astra Motor Indonesia. Mobil Daihatsu Gran Max sejak
produksi mulai tahun 2007 ternyata baru dapat masuk ke pasar otomotif Indonesia
mulai tahun 2008. Pada tulisan ini, penulis lebih banyak mengulas tentang mobil
Daihatsu Gran max minibus.
Daihatsu Gran Max Minibus
Desain eksterior Daihatsu Gran Max Minibus ini memiliki dimensi yang tidak
terlalu besar, bentuknya cenderung kotak yang membuat interior mobil ini menjadi
luas dan lega bahkan hingga baris ketiga . Bagian depan mobil ini menggunakan
konsep Semi Bonnet yang memberikan sistem aerodinamis yang baik untuk melaju di
jalanan. Walaupun mesin mobil ini sejatinya berada di bawah kursi pengemudi,
Bagian depan Daihatsu Gran Max Minibus memiliki model yang cukup menarik dengan
grill kecil yang dipadukan lampu utama berukuran besar dan memiliki front bumper
berukuran sedang membuatnya cukup manis bila dilihat dari depan. Pada bagian
sampingnya Daihatsu Gran Max MB memiliki pintu Sliding Door (Pintu Geser) pada
tiap sisinya membuat mobil ini terlihat modern dan pastinya membuat lebih mudah
untuk keluar masuk penumpang walupun di tempat sempit sekalipun. Sedangkan bagian
belakang dari Daihatsu Gran Max Minibus terlihat simpel dengan lampu
belakang dan bumper yang menyatu dengan bodi mobil ini. Bangku paling belakang
hadir dengan pilihan hadap depan ataupun hadap samping (trooper).
Desain Interior
Desain interior dari mobil Daihatsu Gran Max Minibus ini cukup
sederhana. Dashboard minimalis dengan tongkat perseneling di tengah dashboard
memberikan ruang yang luas untuk di bangku depan. Speedometer dilengkapi
penunjuk ordometer dan kapasitas BBM digital. Di depan lubang AC juga terdapat
cup holder yang cukup fungsional untuk meletakkan botol mnuman sekligus
mendinginkan minuman kita. Sayang doortrim di desain sangat sederhana tanpa arm rest dan
masih menggunakan sistem engkol untuk buka tutup jendela. Setir palang dua dari
mobil gran max ini mantap untuk digengam dan memiliki respon yang sangat
akurat. Untuk penumpang, mobil ini memiliki ruangan yang luas sesuai dengan
konsep Mini Bus. Mini bus yang dapat menampung penumpang 8 penumpang tanpa
berdesakan bahkan untuk tipe trooper dapat menampung hingga 9 orang dewasa.
Mobil ini juga memiliki material interior yang cukup baik sehingga cukup nyaman
bagi seluruh penumpang di dalamnya.. Mobil ini memiliki sistem Air Conditioner
yang cukup baik dengan pilihan dobel blower yang akan memberikan kesejukan yang
menyeluruh sampai baris belakang. Molded Head Lining akan menyajikan atap yang
lebih rapi dan lebih tahan lama. Selain itu Mobil Daihatsu Gran Max juga
dilengkapi tangki bahan bakar yang besar sehingga anda dalam satu kali pengisian
dapat membawa mobil ini untuk jarak yang cukup jauh.
Dimensi Daihatsu Gran Max Minibus.
Mobil Daihatsu Gran Max Minibus ini memiliki dimensi yang kompak. Mobil
Daihatsu Gran Max ini memiliki dimensi 4.045 x 1.665 x 1.900 mm mobil ini
tergolong ramping dan tidak terlalu tinggi. Berat kosong mobil ini 1.840 kg tergolong
ringan dan membuat mobil ini dapat melaju dengan cepat dan responsive namun
tetap irit. Mobil Daihatsu Gran Max Minibus ini mengggunakan suspensi Mac
Pherson Strut dengan perkeong pada bagian depan yang akan menyalurkan guncangan
dengan baik sehingga performa handling terasa mantap dan nyaman untuk bagian
depan sedangkan untuk bagian belakang masih menggunakan per daun, cukup keras
dalam keadaan kosong, tapi masih dirasa cukup nyaman pada saat penumpang penuh.
Dapur Pacu
Mobil Daihatsu Gran Max Minibus ini memberikan pilihan 2 mesin yang berbeda.
Yang pertama adalah mesin 3SZ-VE yang
berkapasitas 1.5 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dengan VVT-i
dengan tenaga maksimal 97 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 13.7 Kgm pada 4.400 RPM. Pilihan mesin kedua adalah mesin
K3-DE berkapasitas 1.3 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dengan tenaga
maksimal mencapai 88 Ps padan 6.000 RPM dan torsi maksimal mencapai 11.7
Kgm pada putaran 4.400 RPM. Bahkan untuk pilihan mesin yang paling kecil
yaitu 1.3 liter dirasa masih handal untuk kebutuhan sehari-hari. Mesin pada mobil Daihatsu
Gran Max ini menggunakan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI) dapat
memberikan tenaga yang optimal dengan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang tetap
efisien.
Kesimpulan
Sebagai mobil keluaraga ke;as entri level, mobil Daihatsu Gran Max ini
menghadirkan kendaraan serbaguna yang cukup fungsional dan irit bahan bakar.
Kabin yang luas menjadi nilai lebih dibandingkan kendaraan entri level
sejenisnya seperti Toyota Avanza generasi pertama ataupun Suzuki Ertiga.
Beberapa kekurangan dalam batas wajar masih kita temui seperti suspensi belakang
yang masih cukup keras walaupun masih dalam batas wajar.





0 komentar:
Posting Komentar